Nakamura Gakusen University Jepang Tertarik Jalin Kerja Sama dengan Unpad

[Unpad.ac.id, 21/08/2013] Untuk mengenal lebih dekat suasana akademik dan lingkungan kampus Unpad, beberapa orang perwakilan dari Nakamura Gakusen University (NGU), Jepang berkunjung ke Unpad, Rabu (21/08). Rombongan diterima secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang PPM, dan Kerja sama Unpad, Dr. med. Setiawan, di Ruang Rapat Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.
Suasana pertemuan antara perwakilan Unpad dengan Nakamura Gakusen University Jepang di Ruang Rapat Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor (Foto: Tedi Yusup) *
Menurut ketua rombongan, Satoshi Kai, Ph.D., kunjungan ke Unpad merupakan kunjungan pertamanya ke perguruan tinggi di Indonesia. “Kami ingin mengadakan kerja sama dengan Unpad sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia yang kami ajak kerja sama,” ujar Satoshi.
Lebih lanjut Satoshi mengungkapkan, NGU terdiri dari 3 fakultas, yaitu Faculty of Nutritional Sciences, Faculty of Education, dan Faculty of Business, Marketing, and Distribution. Selama ini, perguruan tinggi yang telah berdiri sejak 1954 tersebut sudah banyak melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, khususnya di Asia.
President of NGU tersebut juga mengungkapkan, rencana kerja sama dengan Unpad pun akan difokuskan pada pertukaran pelajar dan staf, serta kerja sama penelitian, khususnya dalam bidang nutritional sciences dan economic.
“Ada juga Summer Program, dan kita sangat terbuka menerima mahasiswa Unpad yang ingin mengikuti Summer Program ke NGU,” ujarnya.
Dr. Setiawan pun mengapresiasi tawaran kerja sama tersebut. Untuk bidang nutritional sciences, ada beberapa fakultas yang bisa menjalin kerja sama dengan NGU, yaitu FK, FKG, FIK, Fakultas Farmasi, serta Faperta. Sementara untuk bidang ekonomi, FEB Unpad siap untuk menjalin kerjasama dengan NGU.
Hal tersebut juga disambut baik oleh Manajer Bidang Pendidikan dan Kerjasama Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad, Dr. Diana Sari, SE., M.Mgt. Menurutnya, FEB Unpad sendiri telah banyak menjalin kerja sama internasional dengan instansi dan perguruan tinggi asing. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan internasionalisasi program di Unpad, khususnya di FEB sendiri.
Lebih lanjut Dr. Setiawan berharap, tawaran kerjasama ini ke depannya akan menghasilkan output yang mampu meningkatkan kualitas kedua perguruan tinggi tersebut.”Tawaran kerjasama ini tidak sebatas hanya prinsip dan konsep, tapi harus ada realisasinya dan sama-sama memulai kerjasama,” ujarnya.*
Laporan oleh: Maulana / eh *